Kamis, 06 Juli 2017

Pilihan Bahan Nyaman Untuk Jilbab




Saat berjilbab kita pernah mengalami rasa yang tidak nyaman, hal tersebut tentu bukan karena kita berjilbab namun bahan jilbab yang kita gunakan kadang kurang cocok atau membuat kita tidak nyaman saat digunakan. Dalam berjilbab, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan selain model dan motif jilbab yang kita gunakan. Tentu hal lain yang harus dipikirkan adalah faktor kenyamanan ketika digunakan. Bahan dari jilbab yang digunakan sangat mempengaruhi kenyamanan muslimah yang berjilbab karena aktivitas nya yang diluar rumah.
Oleh karena itu, kita harus pandai memilih atau memperhatikan bahan jilbab yang akan kita gunakan. Jangan sampai kita memakai jilbab yang hanya memiliki model bagus dan sedang trend namun bahan yang pilih tidak cocok, sehingga mengurangi rasa nyaman saat digunakan. Hal yang perlu di ingat adalah jangan tergiur dengan model yang bagus saja tapi pilihlah bahan yang berkualitas dan nyaman dipakai beraktivitas seharian. Berikut rangkuman pilihan bahan yang nyaman digunakan untuk jilbab.
1.      BAHAN SIFON
Sifon merupakan bahan yang paling sering digunakan sebagai bahan jilbab atau kerudung. Bahan kain sifon saat ini banyak ditemui pada model jilbab/kerudung baik untuk khimar, pashmina, maupun bergo. Banyak para muslimah yang menggunakan bahan ini untuk kesehariannya.
Bahan sifon dapat memberi kesan elegan bagi pemakainya. Sehingga sangat cocok untuk dikenakan saat menghadiri acara semi formal dan formal.
Untuk penggunaannya, sifon sangat nyaman digunakan karena ringan dan tipis sehingga tidak membuat gerah bagi yang menggunakan. Namun ada juga sebagian yang tidak menyukainya karena bahan ini licin dan tidak menyerap keringat.
2.      BAHAN CERUTI
Bahan ceruti banyak diminati oleh perempuan muslimah saat ini. Ceruti adalah Jenis kain yang memiliki tekstur yang elastis, karena dalam bahan dasarnya kain ini mengandung bahan sutra yang lembut, sehingga kain jenis ini memberikan kesan mewah dan elegan, tekstur seperti kulit jeruk dan tipis.
Kontur/permukaan bahan menyerupai kulit jeruk namun halus, terdapat bintik-bintik kecil halus, Jika diterawang di depan cahaya terlihat serat membentuk gelombang seperti awan/kabut, Bahan lebih lembut dan sedikit elastis, masanya agak berat, jika dipakai bahan terasa jatuh, sehingga tidak enteng/melayang.
Beberapa contoh model  bahan ceruti, antara lain : Glesy Basic, Glesi Instan, Plain Khalila


3.      BAHAN KAOS
Bahan kaos sangat nyaman dan dingin saat dipakai. Banyak muslimah yang menyukai bahan kaos karena bisa menyerap keringat dan tidak panas saat digunakan. Bahannya yang lentur juga memudahkan membuat banyak para muslimah yang menggemari bahan ini.
Bahan kaos sangat mudah dibentuk dan tidak luntur saat Anda mencucinya. Namun, bahan kaos juga bisa melar jika terlalu sering dicuci.
4.      BAHAN KATUN
Bahan katun memiliki tekstur bahan yang dapat menyerap keringat, disamping itu juga bahan ini dingin saat dikenakan. Perawatan jilbab dengan bahan kantun sangatlah mudah. Bahan katun juga tidak mudah kusut, tidak mudah luntur dan tidak berbulu. Sehingga, katun bisa dikatakan salah satu jenis bahan jilbab yang cukup baik.
Beberapa model jilbab terbaru dari bahan katun, antara lain : Chic Basic, Square
5.       BAHAN SPANDEX
Bahan spandex hampir sama dengan kaos, akan tetapi bahan spandex lebih tipis dan ada yang bercorak mengkilap. Bahan yang satu ini juga banyak digunakan untuk jilbab.
Bahan spandex mampu menyerap keringat dengan cukup baik. Sehingga, nyaman digunakan saat cuaca panas. Teksturnya yang cukup elastis sangat mudah diatur untuk dikreasikan dengan berbagai model hijab. Namun, bahan spandex mudah melar jika tidak dicuci dengan benar.
6.      BAHAN JERSEY
Bahan jersey merupakan kain cotton strech, halus. Bahan jersey memiliki ciri khas bertesktur bahan yang tebal, serat halus dan tidak transparant, Jatuh bila dipakai dan nyaman/adem bila digunakan untuk aktifitas sehari-hari.
Jilbab berbahan jersey memiliki tekstur lembut dan ringan sehingga sangat nyaman dipakai, serta memberi kesan jatuh saat dipakai. Namun disisi lain, karena teksturnya ini akan membuat wajah Anda yang menggunakannya nampak lebih berisi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar