Tips Memperbanyak Pelanggan

Dalam hal memperbanyak pelanggan, tidak hanya perusahaan yang berorientasi profit, sekolahan pun yang orientasinya pendidikan tetap saja dan sangat memerlukan pengguna jasanya selalu meningkat.
Saya hanya akan mengungkapkan secara subjektif saja, bahwa menurut saya ada beberapa yang perlu diperhatikan sebagai berikut:
1. Ramah. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang lebih kurang artinya, “Janganlah berharap bisa berniaga/ berbisnis apabila tidak bisa ramah kepada pelanggan”. Itu terbukti, terjadi pada saat saya membandingkan suatu harga produk pada dua toko yang berbeda. Toko A kelebihannya murah-murah, tapi pelayanannya ketus. Toko B kelebihannya dalam pelayanannya ramah, tapi harga-harganya sedikit lebih mahal. Ternyata yang berbekas di benak saya adalah dalam hal pelayanan, bukan harga (jika perbedaannya tidak begitu mencolok), maka pada saat itu saya memutuskan untuk membeli di Toko B.
Bukan! Bukan berarti kita berharap ada pembeli yang sifatnya seperti saya. Tentunya sebagai pembeli berpikiran sama, harga murah, barang bagus, pelayanan ramah, dll.
Dan ternyata, keramahan bisa berdampak dasyat sebagai media promosi yang ampuh dan gratis. Pelanggan yang puas dengan pelayanan, biasanya akan memberikan informasi kepada teman-temannya bila ada kebutuhan yang sama, minimal si pelanggan itu tidak ‘lari’.


Silaturahim, saya selalu mengatakan kepada teman-teman saya sebagai “pepelakan”, atau menabur benih sebanyak-banyaknya. Nah, bila saat penghujan tiba, secara tidak disangka-sangka ada yang tumbuh bahkan banyak yang tumbuh diantara benih-benih yang pernah kita taburkan itu.

4. Tambahin, ok! 

Tidak ada komentar:
Posting Komentar